Dulu-dulu banget gw pernah ngobrol sama sopir taksi dalam perjalanan ke rumah temen. Topiknya masih seputar topik harian pria-pria Jakarta, 'Busway'.
Pas baru naek taksi, gw dan supir masih yang malu-malu untuk ngobrol.. pas udah kena macet, baru deh kita bedua ga kenal malu. Gimana mo mikir malu, hari Sabtu gitu lho, jalanan udah macet dari jam 9 pagi !!!
"Gimana ya pak ngurangin macet di Jakarta?", tanya basa-basi pak sopir. "Busway juga malah bikin macet ga karu-karuan", masih juga pak sopir yang curhat. Ngedenger pak sopir nyalahin Busway, gw yang uda mulai jengkel jg gara-gara macet akhirnya angkat bicara, dengan nada rendah tentunya.
"Buswaynya ga masalah pak, yang masalah itu pemerintahnya. Kerjanya selalu setengah-setengah, Busway yang seharusnya untuk kepentingan rakyat malah dibuat jadi proyek keuntungan pribadi", masih sedikit emosi. "Kalo mo bener-bener tujuannya buat ngurangin macet, jangan cuma busway doank donk di jalanin, percuma !!! Pada mikirin ga sih tuh orang-orang berjas dan berdasi, kalo kapasitas jalanan di Jakarta udah ga cukup? Ini malah ditambahin lagi dengan busway!!! Kalo mau bener-bener ngurangin macet, sekalian donk batesin jumlah kendaraan di Jakarta!!! Jangan ada lagi kendaraan udah uzur, kentut-kentut warna hitam, yang masih dipaksain keliling jakarta sambil ngangkut penumpang yang kadang-kadang udah sampe luber". "Tapi pak nanti kasihan orang-orang menengah kebawah kalo umur kendaraan dibatesin, mereka kan ga mampu beli mobil baru, paling mobil bekas", selak pak sopir. "Yah bapak.. kalo semua kendaraan umum udah nyaman, malahan kalo bisa lebih nyaman dari busway yang ada sekarang ini, ngapain beli mobil pribadi?", ga mau kalah gw keluar.
"Seandainya aja pemerintah jalanin 2 program ini aja, pembatasan umur dan jumlah kendaraan dan busway, dijamin jakarta bisa berkurang jauh macetnya. Orang bakalan lebih suka naek busway yang nyaman, tinggal duduk trus nyampe. Apalagi kalo mo dibandingin dengan naek kendaraan pribadi dengan bensin yang harganya udah makin 'jelas' (jelas-jelas makin tinggi). Sayangnya pak, ya itu tadi, pemerintah kita ga mikirin rakyat atau jakarta yang macet, mereka kan ga ngerasain macet, yang mereka pikirin itu proyek apa lagi ya yang bisa dikorupsi?", brenti gara-gara batuk tenggorokan udah kering. "Bener juga ya pak", udah mulai terpengaruh pak sopirnya.
"Iya pak, pemerintahnya juga aneh sih pak. Nyuruh-nyuruh rakyatnya disiplin tapi mereka sendiri jangankan disiplin, dijalan raya aja ga mau ngantri. Jujur aja deh pak, mungkin ga sih kalo bapak ngajarin anak bapak supaya makan pake sendok & garpu padahal bapak sebagai contohnya selalu makan dengan tangan? Mereka-mereka yang nganggap dirinya pemimpin itu yang seharusnya nyontohin dulu ke rakyatnya baru mereka bisa minta rakyatnya untuk niru mereka. Liat aja iring-iringan pejabat kalo pas lewat di jalanan, ga lama di belakangnya kan banyak kendaraan yang 'ikut-ikutan' ngebut biar bisa jalan lancar. Seandainya aja itu pejabat-pejabat pemerintahan berangkat kantor pagi-pagi sebelom macet, terus jalan di jalan raya dengan sopan, saya berani taruhan pak, rakyatnya juga pasti ngikutin. Kalo ada orang yang bilang siapa yang ditiru dan siapa yang niru itu ibarat nentuin mana yang lebih dulu ayam atau telur, itu orang bodoh yang ga ngerti kalo ayam kawin bisa ngehasilin telur, baru telur dieremin ayam biar netas, bukan sebaliknya". Pak sopir ngangguk-ngangguk.
Akhirnya taksi nyampe juga ke rumah temen gw. "Berapa pak?", pertanyaan bodoh.. udah jelas ada argo meternya.. "45 ribu pak", jawab pak supir. Abis gw bayar, gw buka pintu terus turun dari mobil. Pintu mobil sedikit gw banting kesel. "Sial !!! Argo kuda !!!", ngomel lagi gw cm kali ini di dalem hati aja. Hahahahaha...
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
2018: Tahun Baru Motivasi Baru
Tahun Baru 2017 sudah lewat, sekarang sudah 2018. Tahun berganti seperti yang sudah-sudah, setahun lagi juga akan berganti menjadi 2019. ...
-
Analogi Dokter-Pasien Seorang pasien yang pergi ke dokter untuk berobat, pastinya dia pengen tahu dari dokter penyakit apa yang dia derita...
-
Lebih Lanjut Dengan Segitiga Exposure Seperti sudah dibahas di 'Dasar-dasar Fotografi Digital I’, tiga komponen utama exposure kamera a...
-
From Wikipedia, the free encyclopedia Logistik adalah pengaturan alur barang dari posisi awal hingga pemakaian dengan tujuan untuk memenu...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar