Belajar [opini pribadi]

Definisi

Menurut wikipedia:
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.
Dari kalimat di atas gw artiin belajar itu adalah untuk mendapatkan hasil yang permanen yang berhubungan dengan perilaku kita yang diperoleh dengan latihan untuk mendapatkan pengalaman pada bidang pelajaran atau ilmu yang kita inginkan.. bla bla bla.. :P

Contoh kasus

Jadi misalnya begini, ada seorang anak yang mau menjadi ahli matematika, lebih spesifik lagi ia mau belajar ilmu hitung, penjumlahan. Untuk mencapai tujuan itu, apa yang harus dilakukan si anak? ya betul!!! Belajar.. hehehe..
Dalam hal anak ini, apa yang disebut belajar? “… pengalaman atau latihan yang diperkuat.” pengalaman atau latihan apa yang perlu diperkuat? Tentu saja pengalaman atau latihan dalam hal penjumlahan.

Dengan melakukan sendiri penjumlahan si anak akan mendapatkan pengalaman atau latihan yang semakin kuat, semakin banyak si anak berlatih, semakin banyak pula pengalaman si anak dalam hal penjumlahan, misalnya penjumlahan 1 sampai 10. Sampai akhirnya hampir seluruh pengalaman penjumlahan telah dialami si anak, terlalu berlebihan sebetulnya kalau dibilang seluruh pengalaman penjumlahan, maka untuk selanjutnya si anak akan dapat menjawab dengan mudah untuk pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan penjumlahan.

Bahkan sepertinya si anak akan dapat menjawab pertanyaan tentang penjumlahan tanpa perlu berpikir lagi karena, seperti kebanyakan orang bilang, si anak telah hapal luar kepala untuk penjumlahan yang dimaksud..
Hapal luar kepala tadi juga adalah modal dasar untuk si anak belajar ketingkat yang lebih lanjut. Coba bayangkan, seorang anak yang bisa menghitung di luar kepala penjumlahan 1 – 10, seberapa besarkah kesulitan yang akan dia hadapi untuk menghitung penjumlahan 1 – 100?


Bagaimana belajar yang baik?

Playing-Chess3Sering gw dengar pertanyaan, “gimana sih caranya belajar sesuatu?”, nah gw yang ga ada latar belakang pendidikan guru cuma bisa ngira-ngira jawabannya, “tanya aja sama mbah gugel, gw aja belajar dari dia kok”, jawaban yang singkat, padat dan ga mau capek..
Tapi emang begitulah adanya.. menurut gw, kalo mau belajar sesuatu, untuk awalnya cukup kita tahu teori-teori dasar dari bidang ilmu yang mau kita pelajari, ga usah jauh-jauh dulu.. toh ilmu yang ada sekarang ada itu ditemukan dari ketidak tahuan.. setelah tahu sedikit, barulah orang-orang pintar jaman dulu mulai mengembangkan pengetahuannya..

Kaitannya dengan contoh si anak yang mau belajar matematika, dia menghapalkan luar kepala penjumlahan 0 + 0 sampai 10 + 10, setelah itu semua dihapal luar kepala, akan amat sangat mudah bagi si anak untuk menjumlahkan 15643 + 76588.. lebay ga sih.. hehehe..
Belajar adalah suatu proses dengan hasil yang permanen, jika belum permanen berarti itu belum belajar!!! Kalau si anak ditanya 9 + 9 berapa? dan dia tidak bisa menjawab atau menjawab “wah lupa..”, berarti dia belum belajar.. gampang kan..

Dari belajar yang hanya dasar-dasar, dan bagi sebagian orang kelihatan seperti orang bloon dan diremehkan, apabila kita berhasil mempelajarinya hingga hapal luar kepala maka sudah waktunya kita maju untuk belajar tingkat yang lebih lanjut. Terus begitu hingga akhirnya ilmu yang kita pelajari dapat berkembang tanpa batas.. oh iya, jangan pernah merasa puas dengan apa yang sudah dipelajari..

Hubungannya dengan blog ini?

Blog ini juga tempat belajar buat gw, secara pribadi orang yang belajar gw liat ada 3 kelompok, ga harus urut:
  • Mereka yang menghapalkan teori
  • Mereka yang menerapkan teori
  • Mereka yang merumuskan teori

Dan gw masuk di tiga-tiganya.. hehehe..
Gw masih menghapalkan teori, alias masih baca sana, baca sini, nanya kanan, nanya kiri tentang banyak hal.. Gw juga masih menerapkan teori, makin banyak gw tahu, makin gw ngerti kalo gw belum tahu banyak.. Gw juga berusaha merumuskan teori, berdasarkan pengalaman dan latihan yang berulang-ulang gw berusaha menemukan ringkasan atau rangkuman atau teori dasar dari apa yang udah gw lakukan, dan kadang teori yang gw dapet cuma bisa gw ngerti setelah gw lakuin sendiri.. bingung? Jangan baca.. hehehe..

Satu lagi yang gw dapet dari pengalaman gw, waktu pertama belajar, kita perlu banyak bertanya dan banyak melakukan.. sampai akhirnya kita mahir atau jago atau pandai atau apalah istilahnya untuk orang yang udah hapal luar kepala.. tapi belajar ga berhenti sampai di situ, ada tahapan selanjutnya yang lebih susah, berbagi dengan orang lain. Dengan berbagi dengan orang lain bisa membuka wawasan kita bahwa ilmu yang kita punya itu belum seberapa, karena dengan berbagi kita bisa melihat pengetahuan yang kita punya dari sudut pandang orang lain, yang kalau anda beruntung, yang mungkin akan mementahkan pengetahuan yang kita punya dan memaksa kita untuk menerima ilmu pengetahuan yang lebih baik..

Tidak ada komentar:

2018: Tahun Baru Motivasi Baru

Tahun Baru 2017 sudah lewat, sekarang sudah 2018. Tahun berganti seperti yang sudah-sudah, setahun lagi juga akan berganti menjadi 2019. ...